RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SILABUS:
MENYIAPKAN
FORMULIR ATAU
BERKAS-BERKAS
ADMINISTRASI
Nama Sekolah :SMK
Kompetensi
keahlian :Pemasaran
Mata
Pelajaran :Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester :X/1
(Satu)
- Standart Kompetensi
Mengoperasikan
Peralatan Transaksi di Lokasi Penjualan Dasar
- Kompetensi Dasar
Mengoperasikan alat komunikasi
- Indikator
Konten
Pengoperasian
pesawat telepon
Proses
Studi
pustaka dan pemaparan materi peserta didik dapat mengoperasikan
alat komunikasi
Psikomotor
menguraikan
dan praktek bagaimana Mengoperasikan
alat komunikasi
Afektif
Perilaku
berkarakter
Membentuk
perilaku berkarakter siswa yang Cermat,
teliti, sopan dan tepat azas dalam berkomunikasi dengan pesawat
telepon
Keterampilan
sosial
Melakukan komunikasi kepada guru dan temannya melalui
bertanya, berpendapat dan menjawab
- Tujuan Pembelajaran
Konten
Diberikan
uraian penjelasan berkas-berkas administrasi, siswa dapat
mengoperasikan
pesawat telepon
Proses
Diberikan uraian
penjelasan tentang berkas-berkas administrasi, siswa dapat
mendiskripsikan
berkas-berkas administrasi.
Psikomotor
Diberikan contoh
berkas-berkas administrasi sehingga siswa dapat membuat
formulir/berkas-berkas
administrasi perusahaan
Afektif
Perilaku
berkarakter
Terlibat dalam
kegiatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, siswa dapat
menunjukkan sikap teliti, tertib, kerja keras, mandiri dan jujur
minimal dinilai membuat kemajuan melalui Format Pengamatan Perilaku
Berkarakter.
Keterampilan
Sosial
Dalam KBM, siswa
dapat melakukan
komunikasi kepada guru dan temannya melalui bertanya, berpendapat dan
menjawab pertanyaan
minimal dinilai membuat kemajuan melalui Format Pengamatan
Keterampilan Sosial.
- Materi Pembelajaran
Mendiskripsikan
berkas-berkas administrasi:
- SOP tentang formulir atau berkas-berkas administrasi suatu perusahaan
- Kode etik dari Asosiasi penjualan Langsung Indonesia bagian 2
- SOP Perusahaan dalam mengisi formulir atau berkas-berkas administrasi kepada pelanggan
- Alokasi Waktu 4 x 45 menit
- Model dan Metode Pembelajaran
- Model pembelajaran langsung (ceramah)
- Metode pembelajaran resitasi (pemberian tugas)
- Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
I
Pendahuluan
(+
15 menit)
No. | Kegiatan | Penilaian | |||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
1. | Mengabsensi siswa | ||||
2. |
Memotivasi
siswa dengan melibatkan mereka dalam kegiatan pembelajaran dengan
panduan buku ajar. Siswa didorong untuk berpendapat dan menggali
pengalaman mereka dalam melakukan kegiatan administrasi
sehari-hari.
|
Inti
(+ 70 menit)
No. | Kegiatan | Penilaian | |||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
1. |
Guru
menjelaskan tentang:
|
||||
2. |
Membimbing
siswa melakukan tugas-tugas pelatihan yang dijelaskan dalam tahap
belajar.
|
||||
3. |
Membantu
siswa untuk menentukan dan mengakses sumber tambahan lain yang
diperlukan untuk belajar.
|
Penutup
(+
5 menit)
No. | Kegiatan | Penilaian | |||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
1. |
Melakukan
Tanya jawab mengenai materi yang telah diajarkan.
|
||||
2. |
Menyimpulkan
materi yang telah diajarkan.
|
||||
3. |
Memberikan
tugas kepada siswa.
|
- Penilaian pembelajaran
Tabel
Spesifikasi Lembar Penilaian
- LP 1 : Konten dilengkapi Kunci LP 1
- LP 2 : Proses dilengkapi Kunci LP 2
- LP 3 : Psikomotor dilengkapi Kunci LP 3
- LP 4 : Format Pengamatan Perilaku Berkarakter
- LP 5 : Format Pengamatan Keterampilan Sosial
- Sumbar Pembelajaran
- Silabus : Mendiskripsikan berkas-berkas administrasi
- Bahan Bacaan : modul mata diklat kompetensi keahlian pemasaran
- LKS 1 : Mendiskripsikan berkas-berkas administrasi
- LKS 2 : Mendiskripsikan berkas-berkas administrasi
- Alat dan Bahan : papan tulis, LCD, buku ajar, LKS dan laptop
Daftar
Pustaka
Sutrisno dan
Suherman, 2007.
Modul Melakukan Proses Administrasi Transaksi.
Sukabumi: yudistira.
Puspitasari, Dwi.
2008. Penjualan.
Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan
Kotler,
Philip (1999) Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi
dan Kontrol. Edisi 11, Jilid 1, Diterjemahkan oleh Hendra Teguh dan
Rusli, Prenhalindo, Jakarta.
-----------------,
Swee Hoon Ang, Siew Meng Leong, & Chin Tiong Tan (1996).
Marketing Management An Asian Prespective. Prentice Hall, Singapore.
-----------------,
Manajemen Pemasaran analisis, perencanaan, implementasi dan
pengendalian Edisi ke delapan jilid 2. Penerbit Salemba Empat
Jakarta.
Kurikulum
SMK Edisi 2004, Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen, Program
Keahlian Penjualan,
DEPDIKNAS, Dirjen Pendidikan Dasar
MATERI
AJAR
MENDISKRIPSIKAN
BERKAS-BERKAS ADMINISTRASI
BAHAN
AJAR
- SOP tentang formulir atau berkas-berkas administrasi suatu perusahaan
- Kode etik dari Asosiasi penjualan Langsung Indonesia bagian 2
- SOP Perusahaan dalam mengisi formulir atau berkas-berkas administrasi kepada pelanggan
LEMBAR
KEGIATAN SISWA
Nama :
………………………..
Kelas :
………………………..
- Indikator
Konten
- SOP tentang formulir atau berkas-berkas administrasi suatu perusahaan
- Kode etik dari Asosiasi penjualan Langsung Indonesia bagian 2
- SOP Perusahaan dalam mengisi formulir atau berkas-berkas administrasi kepada pelanggan
Proses
Memaparkan materi
tentang mendiskripsikan
berkas-berkas administrasi
Psikomotor
Praktek
membuat formulir/berkas-berkas administrasi perusahaan.
Afektif
Perilaku
Berkarakter
Membentuk
perilaku berkarakter siswa yang teliti,
tertib, kerja keras, mandiri dan jujur.
Keterampilan
Sosial
Melakukan komunikasi
kepada guru dan temannya melalui bertanya, berpendapat dan menjawab
pertanyaan
- Tujuan Pembelajaran
Konten
- Diberikan uraian pdnjelasan berkas-berkas administrasi, siswa dapat SOP tentang formulir atau berkas-berkas administrasi suatu perusahaan.
- Diberikan uraian penjelasan berkas-berkas administrasi, siswa dapat menjelaskan Kode etik dari Asosiasi penjualan Langsung Indonesia bagian 2.
- Diberikan uraian penjelasan berkas-berkas administrasi, siswa dapat menjelaskan SOP Perusahaan dalam mengisi formulir atau berkas-berkas administrasi kepada pelanggan
Proses
<//div>
Diberikan uraian
penjelasan tentang berkas-berkas administrasi, siswa dapat
mendiskripsikan
berkas-berkas administrasi.
Psikomotor
Diberikan contoh
berkas-berkas administrasi sehingga siswa dapat membuat
formulir/berkas-berkas
administrasi perusahaan
Afektif
Perilaku
berkarakter
Terlibat dalam
kegiatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, siswa dapat
menunjukkan sikap teliti, tertib, kerja keras, mandiri dan jujur
minimal dinilai membuat kemajuan melalui Format Pengamatan Perilaku
Berkarakter.
Keterampilan
Sosial
Dalam KBM, siswa
dapat melakukan
komunikasi kepada guru dan temannya melalui bertanya, berpendapat dan
menjawab pertanyaan
minimal dinilai membuat kemajuan melalui Format Pengamatan
Keterampilan Sosial.
RUMUSAN MASALAH
Dari materi mengenai
mendiskripsikan
berkas-berkas administrasi.selanjutnya
jawablah pertanyaan berikutini dengan singkat:
Nama:
…………………………………… Kelas: ……………….
Tanggal: ……………..
LEMBAR
KEGIATAN SISWA (LKS 1)
LKS
1: Menyiapkan
formulir atau berkas-berkas administrasi
- Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
- Carilah di internet bukti-bukti administrasi transaksi, kemudian sebutkanlah bagian-bagian dari bukti bukti administrasi transaksi
Daftar Pustaka
Sutrisno dan
Suherman, 2007.
Modul Melakukan Proses Administrasi Transaksi.
Sukabumi: yudistira.
Puspitasari, Dwi.
2008. Penjualan.
Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan
Kotler,
Philip (1999) Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi
dan Kontrol. Edisi 11, Jilid 1, Diterjemahkan oleh Hendra Teguh dan
Rusli, Prenhalindo, Jakarta.
-----------------,
Swee Hoon Ang, Siew Meng Leong, & Chin Tiong Tan (1996).
Marketing Management An Asian Prespective. Prentice Hall, Singapore.
-----------------,
Manajemen Pemasaran analisis, perencanaan, implementasi dan
pengendalian Edisi ke delapan jilid 2. Penerbit Salemba Empat
Jakarta.
Kurikulum
SMK Edisi 2004, Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen, Program
Keahlian Penjualan,
DEPDIKNAS, Dirjen Pendidikan Dasar
KUNCI LKS
LKS 1:
LKS 2:
LP
4: Lembar Pengamatan Perilaku Berkarakter
Standar
Kompetensi :
Kompetensi
dasar :
Kelas :
Tanggal :
Petunjuk :
untuk setiap perilaku berkarakter ini, beri penilaian atas perilaku
berkarakter siswa menggunakan skala berikut ini:
A
= Sangat Baik C = Menunjukkan kemajuan
B
= Memuasakan D = Memerlukan perbaiakan
No | Nama | Menghargai pendapat orang lain | Bertanggung jawab | Keberanian berbicara dengan orang lain dengan sopan dan baik | Mendengarkan dengan aktif | Kerjasama untuk menyelesaikan tugas |
1 | ||||||
2 | ||||||
3 | ||||||
4 | ||||||
5 |
Surabaya,
September
2012
Guru/pengamat
LP
5: Lembar Pengamatan Keterampilan Sosial
Standar
Kompetensi :
Kompetensi
dasar :
Kelas :
Tanggal :
Petunjuk :
untuk setiap perilaku berkarakter ini, beri penilaian atas perilaku
berkarakter siswa menggunakan skala berikut ini:
A
= Sangat Baik C = Menunjukkan kemajuan
B
= Memuasakan D = Memerlukan perbaiakan
No | Nama | Menghargai pendapat orang lain | Bertanggung jawab | Keberanian berbicara dengan orang lain dengan sopan dan baik | Mendengarkan dengan aktif | Kerjasama untuk menyelesaikan tugas |
1 | ||||||
2 | ||||||
3 | ||||||
4 | ||||||
5 |
Surabaya,
september
2012
Guru/pengamat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar