Halaman

Kamis, 04 Oktober 2012

RPP groupinjg produk

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SILABUS: MENYIAPKAN FORMULIR ATAU
BERKAS-BERKAS ADMINISTRASI


Nama Sekolah :SMK
Kompetensi keahlian :Pemasaran
Mata Pelajaran :Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester :X/1 (Satu)


  1. Standart Kompetensi
Mengoperasikan Peralatan Transaksi di Lokasi Penjualan Dasar
  1. Kompetensi Dasar
Mengoperasikan alat komunikasi
  1. Indikator
Konten
Pengoperasian pesawat telepon
Proses
Studi pustaka dan pemaparan materi peserta didik dapat mengoperasikan alat komunikasi
Psikomotor
menguraikan dan praktek bagaimana Mengoperasikan alat komunikasi

Afektif
Perilaku berkarakter
Membentuk perilaku berkarakter siswa yang Cermat, teliti, sopan dan tepat azas dalam berkomunikasi dengan pesawat telepon

Keterampilan sosial
Melakukan komunikasi kepada guru dan temannya melalui bertanya, berpendapat dan menjawab
  1. Tujuan Pembelajaran
Konten
Diberikan uraian penjelasan berkas-berkas administrasi, siswa dapat mengoperasikan pesawat telepon
Proses
Diberikan uraian penjelasan tentang berkas-berkas administrasi, siswa dapat mendiskripsikan berkas-berkas administrasi.

Psikomotor
Diberikan contoh berkas-berkas administrasi sehingga siswa dapat membuat formulir/berkas-berkas administrasi perusahaan
Afektif
Perilaku berkarakter
Terlibat dalam kegiatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, siswa dapat menunjukkan sikap teliti, tertib, kerja keras, mandiri dan jujur minimal dinilai membuat kemajuan melalui Format Pengamatan Perilaku Berkarakter.
Keterampilan Sosial
Dalam KBM, siswa dapat melakukan komunikasi kepada guru dan temannya melalui bertanya, berpendapat dan menjawab pertanyaan minimal dinilai membuat kemajuan melalui Format Pengamatan Keterampilan Sosial.
  1. Materi Pembelajaran
Mendiskripsikan berkas-berkas administrasi:
  1. SOP tentang formulir atau berkas-berkas administrasi suatu perusahaan
  2. Kode etik dari Asosiasi penjualan Langsung Indonesia bagian 2
  3. SOP Perusahaan dalam mengisi formulir atau berkas-berkas administrasi kepada pelanggan
  1. Alokasi Waktu 4 x 45 menit
  2. Model dan Metode Pembelajaran
  1. Model pembelajaran langsung (ceramah)
  2. Metode pembelajaran resitasi (pemberian tugas)
  1. Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan I
Pendahuluan (+ 15 menit)
No. Kegiatan Penilaian
1 2 3 4
1. Mengabsensi siswa







2.
Memotivasi siswa dengan melibatkan mereka dalam kegiatan pembelajaran dengan panduan buku ajar. Siswa didorong untuk berpendapat dan menggali pengalaman mereka dalam melakukan kegiatan administrasi sehari-hari.










Inti (+ 70 menit)
No. Kegiatan Penilaian
1 2 3 4
1.
Guru menjelaskan tentang:
  1. SOP tentang formulir atau berkas-berkas administrasi suatu perusahaan
  2. Kode etik dari Asosiasi penjualan Langsung Indonesia bagian 2
  3. SOP Perusahaan dalam mengisi formulir atau berkas-berkas administrasi kepada pelanggan








2.
Membimbing siswa melakukan tugas-tugas pelatihan yang dijelaskan dalam tahap belajar.









3.
Membantu siswa untuk menentukan dan mengakses sumber tambahan lain yang diperlukan untuk belajar.









Penutup (+ 5 menit)
No. Kegiatan Penilaian
1 2 3 4
1.
Melakukan Tanya jawab mengenai materi yang telah diajarkan.




2.
Menyimpulkan materi yang telah diajarkan.




3.
Memberikan tugas kepada siswa.





  1. Penilaian pembelajaran
Tabel Spesifikasi Lembar Penilaian
  1. LP 1 : Konten dilengkapi Kunci LP 1
  2. LP 2 : Proses dilengkapi Kunci LP 2
  3. LP 3 : Psikomotor dilengkapi Kunci LP 3
  4. LP 4 : Format Pengamatan Perilaku Berkarakter
  5. LP 5 : Format Pengamatan Keterampilan Sosial

  1. Sumbar Pembelajaran
  1. Silabus : Mendiskripsikan berkas-berkas administrasi
  2. Bahan Bacaan : modul mata diklat kompetensi keahlian pemasaran
  3. LKS 1 : Mendiskripsikan berkas-berkas administrasi
  4. LKS 2 : Mendiskripsikan berkas-berkas administrasi
  5. Alat dan Bahan : papan tulis, LCD, buku ajar, LKS dan laptop

Daftar Pustaka
Sutrisno dan Suherman, 2007. Modul Melakukan Proses Administrasi Transaksi. Sukabumi: yudistira.
Puspitasari, Dwi. 2008. Penjualan. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan
Kotler, Philip (1999) Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Edisi 11, Jilid 1, Diterjemahkan oleh Hendra Teguh dan Rusli, Prenhalindo, Jakarta.
-----------------, Swee Hoon Ang, Siew Meng Leong, & Chin Tiong Tan (1996). Marketing Management An Asian Prespective. Prentice Hall, Singapore.
-----------------, Manajemen Pemasaran analisis, perencanaan, implementasi dan pengendalian Edisi ke delapan jilid 2. Penerbit Salemba Empat Jakarta.
Kurikulum SMK Edisi 2004, Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen, Program Keahlian Penjualan, DEPDIKNAS, Dirjen Pendidikan Dasar











MATERI AJAR
MENDISKRIPSIKAN BERKAS-BERKAS ADMINISTRASI










BAHAN AJAR
  1. SOP tentang formulir atau berkas-berkas administrasi suatu perusahaan
  2. Kode etik dari Asosiasi penjualan Langsung Indonesia bagian 2
  3. SOP Perusahaan dalam mengisi formulir atau berkas-berkas administrasi kepada pelanggan














LEMBAR KEGIATAN SISWA
Nama : ………………………..
Kelas : ………………………..

  1. Indikator
Konten
  1. SOP tentang formulir atau berkas-berkas administrasi suatu perusahaan
  2. Kode etik dari Asosiasi penjualan Langsung Indonesia bagian 2
  3. SOP Perusahaan dalam mengisi formulir atau berkas-berkas administrasi kepada pelanggan
Proses
Memaparkan materi tentang mendiskripsikan berkas-berkas administrasi
Psikomotor
Praktek membuat formulir/berkas-berkas administrasi perusahaan.
Afektif
Perilaku Berkarakter
Membentuk perilaku berkarakter siswa yang teliti, tertib, kerja keras, mandiri dan jujur.
Keterampilan Sosial
Melakukan komunikasi kepada guru dan temannya melalui bertanya, berpendapat dan menjawab pertanyaan
  1. Tujuan Pembelajaran
Konten
  1. Diberikan uraian pdnjelasan berkas-berkas administrasi, siswa dapat SOP tentang formulir atau berkas-berkas administrasi suatu perusahaan.
  2. Diberikan uraian penjelasan berkas-berkas administrasi, siswa dapat menjelaskan Kode etik dari Asosiasi penjualan Langsung Indonesia bagian 2.
  1. Diberikan uraian penjelasan berkas-berkas administrasi, siswa dapat menjelaskan SOP Perusahaan dalam mengisi formulir atau berkas-berkas administrasi kepada pelanggan
Proses <//div>
Diberikan uraian penjelasan tentang berkas-berkas administrasi, siswa dapat mendiskripsikan berkas-berkas administrasi.

Psikomotor
Diberikan contoh berkas-berkas administrasi sehingga siswa dapat membuat formulir/berkas-berkas administrasi perusahaan
Afektif
Perilaku berkarakter
Terlibat dalam kegiatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, siswa dapat menunjukkan sikap teliti, tertib, kerja keras, mandiri dan jujur minimal dinilai membuat kemajuan melalui Format Pengamatan Perilaku Berkarakter.
Keterampilan Sosial
Dalam KBM, siswa dapat melakukan komunikasi kepada guru dan temannya melalui bertanya, berpendapat dan menjawab pertanyaan minimal dinilai membuat kemajuan melalui Format Pengamatan Keterampilan Sosial.
RUMUSAN MASALAH
Dari materi mengenai mendiskripsikan berkas-berkas administrasi.selanjutnya jawablah pertanyaan berikutini dengan singkat:





















Nama: …………………………………… Kelas: ………………. Tanggal: ……………..
LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS 1)
LKS 1: Menyiapkan formulir atau berkas-berkas administrasi
  1. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
  2. Carilah di internet bukti-bukti administrasi transaksi, kemudian sebutkanlah bagian-bagian dari bukti bukti administrasi transaksi
Daftar Pustaka
Sutrisno dan Suherman, 2007. Modul Melakukan Proses Administrasi Transaksi. Sukabumi: yudistira.
Puspitasari, Dwi. 2008. Penjualan. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan
Kotler, Philip (1999) Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Edisi 11, Jilid 1, Diterjemahkan oleh Hendra Teguh dan Rusli, Prenhalindo, Jakarta.
-----------------, Swee Hoon Ang, Siew Meng Leong, & Chin Tiong Tan (1996). Marketing Management An Asian Prespective. Prentice Hall, Singapore.
-----------------, Manajemen Pemasaran analisis, perencanaan, implementasi dan pengendalian Edisi ke delapan jilid 2. Penerbit Salemba Empat Jakarta.
Kurikulum SMK Edisi 2004, Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen, Program Keahlian Penjualan, DEPDIKNAS, Dirjen Pendidikan Dasar


























KUNCI LKS
LKS 1:
LKS 2:


























LP 4: Lembar Pengamatan Perilaku Berkarakter


Standar Kompetensi :
Kompetensi dasar :
Kelas :
Tanggal :

Petunjuk : untuk setiap perilaku berkarakter ini, beri penilaian atas perilaku berkarakter siswa menggunakan skala berikut ini:

A = Sangat Baik C = Menunjukkan kemajuan
B = Memuasakan D = Memerlukan perbaiakan


<.col>
No Nama Menghargai pendapat orang lain Bertanggung jawab Keberanian berbicara dengan orang lain dengan sopan dan baik Mendengarkan dengan aktif Kerjasama untuk menyelesaikan tugas
1











2











3











4











5













Surabaya, September 2012
Guru/pengamat



LP 5: Lembar Pengamatan Keterampilan Sosial


Standar Kompetensi :
Kompetensi dasar :
Kelas :
Tanggal :

Petunjuk : untuk setiap perilaku berkarakter ini, beri penilaian atas perilaku berkarakter siswa menggunakan skala berikut ini:

A = Sangat Baik C = Menunjukkan kemajuan
B = Memuasakan D = Memerlukan perbaiakan


No Nama Menghargai pendapat orang lain Bertanggung jawab Keberanian berbicara dengan orang lain dengan sopan dan baik Mendengarkan dengan aktif Kerjasama untuk menyelesaikan tugas
1











2











3











4











5












Surabaya, september 2012
Guru/pengamat





Tidak ada komentar:

Posting Komentar