RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SILABUS:
MENGOPERASIKAN
MESIN
PEMBAYARAN
BAIK TUNAI MAUPUN NON TUNAI
Nama Sekolah :SMK
Kompetensi
keahlian :Pemasaran
Mata
Pelajaran :Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester :X/1
(Satu)
Jumlah pertemuan :4
pertemuan
- Standart Kompetensi
Mengoperasikan
Peralatan Transaksi di Lokasi Penjualan Dasar
- Kompetensi Dasar
Mengoperasikan
mesin pembayaran baik tunai maupun non tunai
- Indikator
Konten
- Pengoperasian mesin pembayaran tunai
- Pengoperasian mesin pembayaran non tunai
- Pemeliharaan mesin pembayaran
Proses
Studi
pustaka dan pemaparan materi peserta didik dapat mengoperasikan
mesin
pembayaran baik tunai maupun non tunai
Psikomotor
Menguraikan
dan praktek bagaimana mengoperasikan
mesin
pembayaran baik tunai maupun non tunai
Afektif
Perilaku
berkarakter
Membentuk
perilaku berkarakter siswa yang cermat,
teliti bertanggungjawab dan tepat azas dalam menggunakan mesin
pembayaran tunai maupun non tunai.
Keterampilan
sosial
Melakukan komunikasi
kepada guru dan temannya melalui bertanya, berpendapat dan menjawab
- Tujuan Pembelajaran
Konten
- Diberikan uraian penjelasan mengoperasikan mesin pembayaran baik tunai maupun non tunai, siswa dapat mengoperasikan mesin pembayaran tunai
- Diberikan uraian penjelasan mengoperasikan mesin pembayaran baik tunai maupun non tunai, siswa dapat mengoperasikan mesin pembayaran non tunai
- Diberikan uraian penjelasan mengoperasikan mesin pembayaran baik tunai maupun non tunai, siswa dapat memelihara mesin pembayaran
Proses
Diberikan uraian
penjelasan tentang mengoperasikan mesin pembayaran tunai maupun non
tunai, siswa dapat mengoperasikan
mesin pembayaran.
Psikomotor
Diberikan contoh
sehingga siswa dapat mengoperasikan mesin pembayaran tunai maupun non
tunai.
Afektif
Perilaku
berkarakter
Terlibat dalam
kegiatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, siswa dapat
menunjukkan sikap cermat,
teliti bertanggungjawab dan tepat azas dalam menggunakan mesin
pembayaran tunai maupun non tunai minimal
dinilai membuat kemajuan melalui Format Pengamatan Perilaku
Berkarakter.
Keterampilan
Sosial
Dalam KBM, siswa
dapat melakukan
komunikasi kepada guru dan temannya melalui bertanya, berpendapat dan
menjawab pertanyaan
minimal dinilai membuat kemajuan melalui Format Pengamatan
Keterampilan Sosial.
- Materi Pembelajaran
Mengoperasikan mesin
pembayaran baik tunai maupu non tunai:
- Pengoperasian mesin pembayaran tunai (pertemuan 1)
- Pengoperasian mesin pembayaran non tunai (pertemuan 2)
- Pemeliharaan mesin pembayaran (pertemuan 3)
- Ulangan harian (pertemuan 4)
- Alokasi Waktu 2 x 45 menit
- Model dan Metode Pembelajaran
- Model pembelajaran langsung (ceramah)
- Metode pembelajaran resitasi (pemberian tugas)
- Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
I
Pendahuluan
(+
15 menit)
No. | Kegiatan | Penilaian | |||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
1. | Mengabsensi siswa | ||||
2. |
Memotivasi
siswa dengan melibatkan mereka dalam kegiatan pembelajaran dengan
panduan buku ajar.
|
Inti
(+ 70 menit)
No. | Kegiatan | Penilaian | |||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
1. |
Guru
menjelaskan tentang:
|
||||
2. |
Membimbing
siswa mengoperasikan
mesin pembayaran.
|
||||
3. |
Membantu
siswa untuk menentukan dan mengakses sumber tambahan lain yang
diperlukan untuk belajar.
|
Penutup
(+
5 menit)
No. | Kegiatan | Penilaian | |||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
1. |
Melakukan
Tanya jawab mengenai materi yang telah diajarkan.
|
||||
2. |
Menyimpulkan
materi yang telah diajarkan.
|
||||
3. |
Memberikan
tugas kepada siswa.
|
- Penilaian pembelajaran
Tabel
Spesifikasi Lembar Penilaian
- LP 1 : Konten dilengkapi Kunci LP 1
- LP 2 : Proses dilengkapi Kunci LP 2
- LP 3 : Psikomotor dilengkapi Kunci LP 3
- LP 4 : Format Pengamatan Perilaku Berkarakter
- LP 5 : Format Pengamatan Keterampilan Sosial
- Sumbar Pembelajaran
- Silabus : Mengoperasikan mesin pembayaran tunia maupun non tunai
- Bahan Bacaan : modul mata diklat kompetensi keahlian pemasaran
- LKS 1 : Mengoperasikan mesin pembayaran tunia maupun non tunai
- Alat dan Bahan : papan tulis, LCD, buku ajar, LKS dan laptop
Daftar
Pustaka
Kurikulum
SMK Edisi 2004, Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen, Program
Keahlian Penjualan,
DEPDIKNAS, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Jendral
Pendidikan Menengah Kejuruan.
LEMBAR
KEGIATAN SISWA
Nama :
………………………..
Kelas :
………………………..
- Indikator
Konten
- Pengoperasian mesin pembayaran tunai
- Pengoperasian mesin pembayaran non tunai
- Pemeliharaan mesin pembayaran
Proses
Studi
pustaka dan pemaparan materi peserta didik dapat mengoperasikan
mesin
pembayaran baik tunai maupun non tunai
Psikomotor
Menguraikan
dan praktek bagaimana mengoperasikan
mesin
pembayaran baik tunai maupun non tunai
Afektif
Perilaku
berkarakter
Membentuk
perilaku berkarakter siswa yang cermat,
teliti bertanggungjawab dan tepat azas dalam menggunakan mesin
pembayaran tunai maupun non tunai.
Keterampilan
sosial
Melakukan komunikasi
kepada guru dan temannya melalui bertanya, berpendapat dan menjawab
- Tujuan Pembelajaran
Konten
- Diberikan uraian penjelasan mengoperasikan mesin pembayaran baik tunai maupun non tunai, siswa dapat mengoperasikan mesin pembayaran tunai
- Diberikan uraian penjelasan mengoperasikan mesin pembayaran baik tunai maupun non tunai, siswa dapat mengoperasikan mesin pembayaran non tunai
- Diberikan uraian penjelasan mengoperasikan mesin pembayaran baik tunai maupun non tunai, siswa dapat memelihara mesin pembayaran
Proses
Diberikan uraian
penjelasan tentang mengoperasikan mesin pembayaran tunai maupun non
tunai, siswa dapat mengoperasikan
mesin pembayaran.
Psikomotor
Diberikan contoh
sehingga siswa dapat mengoperasikan mesin pembayaran tunai maupun non
tunai.
Afektif
Perilaku
berkarakter
Terlibat dalam
kegiatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, siswa dapat
menunjukkan sikap cermat,
teliti bertanggungjawab dan tepat azas dalam menggunakan mesin
pembayaran tunai maupun non tunai minimal
dinilai membuat kemajuan melalui Format Pengamatan Perilaku
Berkarakter.
Keterampilan
Sosial
Dalam KBM, siswa
dapat melakukan
komunikasi kepada guru dan temannya melalui bertanya, berpendapat dan
menjawab pertanyaan
minimal dinilai membuat kemajuan melalui Format Pengamatan
Keterampilan Sosial.
RUMUSAN MASALAH
Dari materi mengenai
mengoperasikan
mesin pembayaran tunai maupun non tunai.
Selanjutnya jawablah pertanyaan berikutini dengan singkat:
Nama:
…………………………………… Kelas: ……………….
Tanggal: ……………..
LEMBAR
KEGIATAN SISWA (LKS 1)
LKS
1: Mengoperasikan
mesin pembayaran tunai maupun non tunai
Buatlah
peta konsep tentang mengoperasikan mesinpembayaran tunai maupun non
tunai
Daftar Pustaka
Kurikulum
SMK Edisi 2004, Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen, Program
Keahlian Penjualan,
DEPDIKNAS, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Jendral
Pendidikan Menengah Kejuruan.
LP
4: Lembar Pengamatan Perilaku Berkarakter
Standar
Kompetensi :
Kompetensi
dasar :
Kelas :
Tanggal :
Petunjuk :
untuk setiap perilaku berkarakter ini, beri penilaian atas perilaku
berkarakter siswa menggunakan skala berikut ini:
A
= Sangat Baik C = Menunjukkan kemajuan
B
= Memuasakan D = Memerlukan perbaiakan
No | Nama | cermat | teliti dan | bertanggungjawab | tepat azas |
1 | |||||
2 | |||||
3 | |||||
4 | |||||
5 |
Surabaya,
September
2012
Guru/pengamat
LP
5: Lembar Pengamatan Keterampilan Sosial
Standar
Kompetensi :
Kompetensi
dasar :
Kelas :
Tanggal :
Petunjuk :
untuk setiap perilaku berkarakter ini, beri penilaian atas perilaku
berkarakter siswa menggunakan skala berikut ini:
A
= Sangat Baik C = Menunjukkan kemajuan
B
= Memuasakan D = Memerlukan perbaiakan
No | Nama | cermat | teliti dan | bertanggungjawab | tepat azas |
1 | |||||
2 | |||||
3 | |||||
4 | |||||
5 |
Surabaya,
september
2012
Guru/pengamat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar