RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SILABUS:
MENYIAPKAN
DAN MENGOPERASIKAN
ALAT
BANTU VERIFIKASI
Nama Sekolah :SMK
Kompetensi
keahlian :Pemasaran
Mata
Pelajaran :Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester :X/1
(Satu)
Jumlah pertemuan :4
pertemuan
- Standart Kompetensi
Mengoperasikan
Peralatan Transaksi di Lokasi Penjualan Dasar
- Kompetensi Dasar
Menyiapkan
dan mengoperasikan alat bantu verifikasi
- Indikator
Konten
- Pengertian alat bantu verifikasi
- Jenis jenis alat bantu verifikasi
Proses
Studi
pustaka dan pemaparan materi peserta didik dapat
menyiapkan
dan mengoperasikan alat bantu verifikasi.
Psikomotor
Menguraikan
dan praktek bagaimana menyiapkan
dan mengoperasikan alat bantu verifikasi
Afektif
Perilaku
berkarakter
Membentuk
perilaku berkarakter siswa yang cermat,
teliti, jujur dan bertanggungjawab me-laksanakan
verifikasi dengan alat bantu
Keterampilan
sosial
Melakukan komunikasi
kepada guru dan temannya melalui bertanya, berpendapat dan menjawab
pertanyaan.
- Tujuan Pembelajaran
Konten
- Diberikan uraian penjelasan mengenai menyiapkan dan mengoperasikan alat bantu verifikasi, siswa dapat memahami pengertian alat bantu verifikasi
- Diberikan uraian penjelasan mengenai menyiapkan dan mengoperasikan alat bantu verifikasi, siswa dapat memahami jenis jenis alat bantu verifikasi
Proses
Diberikan uraian
penjelasan tentang menyiapkan
dan mengoperasikan alat bantu verifikasi,
siswa dapat mengoperasikan
alat bantu verifikasi.
Psikomotor
Diberikan contoh
mengoperasikan alat bantu verifikasi, sehingga siswa dapat memahami
bagaimana
menyiapkan
dan mengoperasikan alat bantu verifikasi.
Afektif
Perilaku
berkarakter
Terlibat dalam
kegiatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, siswa dapat
menunjukkan sikap cermat, teliti, jujur
dan bertanggungjawab
minimal dinilai membuat kemajuan melalui Format Pengamatan Perilaku
Berkarakter.
Keterampilan
Sosial
Dalam KBM, siswa
dapat melakukan
komunikasi kepada guru dan temannya melalui bertanya, berpendapat dan
menjawab pertanyaan
minimal dinilai membuat kemajuan melalui Format Pengamatan
Keterampilan Sosial.
- Materi Pembelajaran
Menyiapkan
dan mengoperasikan alat bantu verifikasi:
- Pengertian alat bantu verifikasi (pertemuan 1 dan 2)
- Jenis jenis alat bantu verifikasi (pertemuan 3 dan 4)
- Alokasi Waktu 2 x 45 menit
- Model dan Metode Pembelajaran
- Model pembelajaran langsung (ceramah)
- Metode pembelajaran resitasi (pemberian tugas)
- Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
I
Pendahuluan
(+
15 menit)
No. |
Kegiatan |
Penilaian |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1. |
Mengabsensi
siswa |
|
|
|
|
2. |
Memotivasi
siswa dengan melibatkan mereka dalam kegiatan pembelajaran dengan
panduan buku ajar.
|
|
|
|
|
Inti
(+ 70 menit)
No. |
Kegiatan |
Penilaian |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1. |
Guru
menjelaskan tentang:
|
|
|
|
|
2. |
Membimbing
siswa melakukan tugas-tugas pelatihan yang dijelaskan dalam tahap
belajar.
|
|
|
|
|
3. |
Membantu
siswa untuk menentukan dan mengakses sumber tambahan lain yang
diperlukan untuk belajar.
|
|
|
|
|
Penutup
(+
5 menit)
No. |
Kegiatan |
Penilaian |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1. |
Melakukan
Tanya jawab mengenai materi yang telah diajarkan.
|
|
|
|
|
2. |
Menyimpulkan
materi yang telah diajarkan.
|
|
|
|
|
3. |
Memberikan
tugas kepada siswa.
|
|
|
|
|
- Penilaian pembelajaran
Tabel
Spesifikasi Lembar Penilaian
- LP 1 : Konten dilengkapi Kunci LP 1
- LP 2 : Proses dilengkapi Kunci LP 2
- LP 3 : Psikomotor dilengkapi Kunci LP 3
- LP 4 : Format Pengamatan Perilaku Berkarakter
- LP 5 : Format Pengamatan Keterampilan Sosial
- Sumbar Pembelajaran
- Silabus : Menyiapkan dan mengoperasikan alat bantu verifikasi
- Bahan Bacaan : modul mata diklat kompetensi keahlian pemasaran
- LKS 1 : Menyiapkan dan mengoperasikan alat bantu verifikasi
- Alat dan Bahan : papan tulis, LCD, buku ajar, LKS dan laptop
Daftar
Pustaka
Kurikulum
SMK Edisi 2004, Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen, Program
Keahlian Penjualan,
DEPDIKNAS, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Jendral
Pendidikan Menengah Kejuruan.
LEMBAR
KEGIATAN SISWA
Nama :
………………………..
Kelas :
………………………..
- Indikator
Konten
- Pengertian alat bantu verifikasi
- Jenis jenis alat bantu verifikasi
Proses
Studi
pustaka dan pemaparan materi peserta didik dapat
menyiapkan
dan mengoperasikan alat bantu verifikasi.
Psikomotor
Menguraikan
dan praktek bagaimana menyiapkan
dan mengoperasikan alat bantu verifikasi
Afektif
Perilaku
berkarakter
Membentuk
perilaku berkarakter siswa yang cermat,
teliti, jujur dan bertanggungjawab me-laksanakan
verifikasi dengan alat bantu
Keterampilan
sosial
Melakukan komunikasi
kepada guru dan temannya melalui bertanya, berpendapat dan menjawab
pertanyaan.
- Tujuan Pembelajaran
Konten
- Diberikan uraian penjelasan mengenai menyiapkan dan mengoperasikan alat bantu verifikasi, siswa dapat memahami pengertian alat bantu verifikasi
- Diberikan uraian penjelasan mengenai menyiapkan dan mengoperasikan alat bantu verifikasi, siswa dapat memahami jenis jenis alat bantu verifikasi
Proses
Diberikan uraian
penjelasan tentang menyiapkan
dan mengoperasikan alat bantu verifikasi,
siswa dapat mengoperasikan
alat bantu verifikasi.
Psikomotor
Diberikan contoh
mengoperasikan alat bantu verifikasi, sehingga siswa dapat memahami
bagaimana
menyiapkan
dan mengoperasikan alat bantu verifikasi.
Afektif
Perilaku
berkarakter
Terlibat dalam
kegiatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, siswa dapat
menunjukkan sikap cermat, teliti, jujur
dan bertanggungjawab
minimal dinilai membuat kemajuan melalui Format Pengamatan Perilaku
Berkarakter.
Keterampilan
Sosial
Dalam KBM, siswa
dapat melakukan
komunikasi kepada guru dan temannya melalui bertanya, berpendapat dan
menjawab pertanyaan
minimal dinilai membuat kemajuan melalui Format Pengamatan
Keterampilan Sosial.
RUMUSAN MASALAH
Dari materi mengenai
menyiapkan
dan mengoperasikan alat bantu verifikasi.
Selanjutnya jawablah pertanyaan berikutini dengan singkat:
Nama:
…………………………………… Kelas: ……………….
Tanggal: ……………..
LEMBAR
KEGIATAN SISWA (LKS 1)
LKS
1: Menyiapkan
dan mengoperasikan alat bantu verifikasi
Perhatikan perbedaan
uang palsu dan uang asli,tuliskan perbedaan perbedaannya.
Daftar Pustaka
Kurikulum
SMK Edisi 2004, Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen, Program
Keahlian Penjualan,
DEPDIKNAS, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Jendral
Pendidikan Menengah Kejuruan.
LP
4: Lembar Pengamatan Perilaku Berkarakter
Standar
Kompetensi :
Kompetensi
dasar :
Kelas :
Tanggal :
Petunjuk :
untuk setiap perilaku berkarakter ini, beri penilaian atas perilaku
berkarakter siswa menggunakan skala berikut ini:
A
= Sangat Baik C = Menunjukkan kemajuan
B
= Memuasakan D = Memerlukan perbaiakan
No |
Nama |
cermat |
teliti |
jujur
|
bertanggungjawab |
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
Surabaya,
September
2012
Guru/pengamat
LP
5: Lembar Pengamatan Keterampilan Sosial
Standar
Kompetensi :
Kompetensi
dasar :
Kelas :
Tanggal :
Petunjuk :
untuk setiap perilaku berkarakter ini, beri penilaian atas perilaku
berkarakter siswa menggunakan skala berikut ini:
A
= Sangat Baik C = Menunjukkan kemajuan
B
= Memuasakan D = Memerlukan perbaiakan
No |
Nama |
cermat |
teliti |
jujur
|
bertanggungjawab |
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
Surabaya,
september
2012
Guru/pengamat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar